Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Salah Pilih



Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Salah Pilih - Membeli rumah bekas juga sama saja dengan membeli rumah baru. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan. Bahkan anda perlu lebih teliti dalam membeli rumah bekas dibandingkan rumah baru. Hal tersebut tentu dikarenakan rumah bekas akan memerlukan renovasi ataupun perawatan meski harganya relatif jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah baru.

Jika anda teliti dalam mencari rumah bekas, maka anda akan bisa merasa tenang dan nyaman tinggal di rumah bekas tersebut selama beberapa tahun kedepan tanpa harus mengeluarkan biaya renovasi karena masih layak untuk ditinggali. Namun jika anda salah dalam memilih rumah bekas, maka anda harus mengeluarkan budget lebih untuk melakukan renovasi lagi.


Nah, agar tidak salah dalam memilih rumah bekas, yuk simak tips dibawah ini.

Visualisasikan rumah impian versimu sendiri

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli rumah bekas, anda bisa mencoba untuk memvisualisasikan dahulu bagaimana rumah yang akan anda beli nantinya. Seperti bagaimana tampilan rumah, rumah akan menghadap kemana, hingga luas rumah dan halaman rumah.

Anda juga bisa memerhatikan lokasi rumah tersebut. Apakah akses ke lokasi tersebut mudah dijangkau atau tidak. Dengan begitu, anda bisa menilai apakah rumah bekas yang akan anda pilih nantinya sudah sesuai dengan kriteria rumah impian anda atau belum.

Berburu rumah bekas

Jika sudah saatnya berburu rumah bekas, anda bisa melakukannya dengan 3 cara. Cara pertama adalah anda bisa menggunakan bantuan agen properti profesional atau mencari melalui media online seperti portal properti ataupun sosial media. Anda bisa mencari rumah bekas yang mendekati kriteria yang sudah anda tentukan tadi.

Setelah menemukan beberapa rumah, seleksi dengan detail hingga menjadi satu pilihan terakhir. Setelah itu baru anda bisa mencoba menghubungi si penjual. Sebagai panduan, sebaiknya carilah rumah yang dekat dengan aktivitas sehari-hari anda agar lebih menghemat biaya transportasi dan hal lainnya.

Survei rumah

Terakhir, aturlah waktu anda untuk bertemu dengan si penjual dan mengunjungi rumah yang akan dibeli. Perhatikan dengan detail seluruh ruangan dan struktur bangunannya. Anda juga bisa membawa agen properti atau ahli bangunan kepercayaan anda untuk ikut mengecek rumah tersebut.

Komentar