4 Hal Penting Yang Harus Diperiksa Sebelum Menyewa Rumah

4 Hal Penting Yang Harus Diperiksa Sebelum Menyewa Rumah

4 Hal Penting Yang Harus Diperiksa Sebelum Menyewa Rumah - Tak sedikit orang yang memilih untuk tinggal di rumah sewa daripada rumah orang tua, terutama bagi mereka yang baru saja menikah. Berhubung dana untuk membeli rumah sendiri yang belum terkumpul, tak ada salahnya untuk menyewa rumah sendiri.

Jika anda ingin tinggal di hunian yang nyaman dan aman serta sedang menjadi tren, rumah di klaster atau townhouse mungkin bisa menjadi pilihan. Harga sewanya sendiri bahkan tak berbeda jauh jika dibandingkan dengan rumah yang berada di luar klaster.

Namun, jika anda berencana untuk menyewa rumah, jangan langsung tergiur dengan harga yang ditawarkan. Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan agar tidak salah dalam menyewa rumah. Yuk simak tipsnya berikut ini!

Berikut 4 hal penting yang harus diperikasa sebelum menyewa rumah

Buatlah daftar pilihan

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk berkeliling mencari rumah sewa yang tepat, anda bisa memanfaatkan situs properti online seperti Rumahdewi.com atau persuhaan agensi properti seperti Metaproperty.co.id untuk menemukan rumah sewa yang tepat.
Setelah menyusun daftar pilihan, anda bisa mendatangi satu persatu lokasi tersebut untuk melihat dan mensurvei lokasiya.

Periksa dengan teliti

Saat melakukan survei, pastikan untuk memeriksa seluruh kondisi rumah sewa dengan teliti. Jangan hanya tergiur dengan tampilan rumah yang cantik diluas saja. Seluruh bagian ruangan perlu diperiksa seperti atap, dinding, hingga saluran air. Jika menemukan kerusakan, mintalah pemilik untuk memperbaiki dahulu supaya anda tidak disalahkan jika terjadi kerusakan.

Kenaikan harga sewa

Di lokasi yang strategis, biasanya rumah sewa banyak di cari. Karena angka kebutuhan rumah sewa yang tinggi, otomatis harga sewa cenderung tinggi. Bahkan tak sedikit pemilik rumah sewa yang menaikkan harga sewanya. Oleh karena itu, sebagai penyewa, sebaiknya carilah informasi terlebih dahulu seputar harga sewa rumah di sekitar lokasi tersebut.

Jangka waktu sewa

Perlu diketahui, setiap penyewa rumah tentu menginginkan keuntungan. Tak sedikit dari mereka yang lebih menginingkan penyewa yang menyewa per bulan karena harganya yang tentu lebih tinggi. Tapi ada juga yang khusus mencari penyewa per tahun dan meminta uang sewa dibayar di muka. Jadi, pilihlah jangka waktu cicilan yang terbaik sesuai dengan kondisi finansial anda.

Itulah 4 hal penting yang harus diperikasa sebelum menyewa rumah. Semoga bermanfaat!

Komentar